Sabtu, 26 Januari 2013


METODE PENGOLAHAN MEDIA TANAM BUDIDAYA SEMANGKA
Budidaya tanaman semangka dilakukan melalui beberapa tahapan, setelah penyediaan bibit dilakukan, kita melangkah ke tahapan selanjutnya yakni penyediaan media tanam bagi bibit semangka. Untuk menunjang pertumbuhan bibit/benih tanaman semangka secara optimal diperlukan media tanam yang sesuai dan cukup kandungan nutrisi serta mineralnya. Oleh karena itu diperlukan persiapan serta pengolahan media bagi tanaman semangka. Berikut ini ulasan mengenai metode pengolahan media tanam pada budidaya semangka sebagi panduan.

PERSIAPAN PENGOLAHAN MEDIA TANAM

Apabila yang lahan/media yang akan digunakan merupakan areal bekas kebun, perlu dibersihkan dari tanaman terdahulu yang masih tumbuh. Bila bekas persawahan, dikeringkan dulu beberapa hari sampai tanah itu mudah dicangkul, kemudian diteliti pH tanahnya.

PEMBUKAAN LAHAN MEDIA TANAM

Dilakukan pembalikan tanah pada lahan yang akan ditanami untuk menghancurkan tanah hingga menjadi bongkahan-bongkahan yang merata. Tunggul bekas batang/jaringan perakaran tanaman terdahulu dibuang keluar dari areal, dan juga segala jenis batuan yang ada dibuang, sehingga tidak mempengaruhi perkembangan tanaman semangka yang akan ditanam di areal tersebut.

PEMBENTUKAN BEDENGAN MEDIA TANAM

Tahapan berikutnya adalah pembentukan bedengan. Tanaman semangka membutuhkan bedengan supaya air yang terkandung di dalam tanah mudah mengalir keluar melalui saluran drainase yang dibuat. Jumlah bedengan tergantung jumlah baris tanam yang dikehendaki oleh si penanam (bentuk bedengan baris tanaman ganda, bedengan melintang pada areal penanaman). Lebar bedengan 7-8 meter, tergantung tebal tipis dan tinggi bedengan (tinggi bedengan minimum 20 cm).

PENGAPURAN MEDIA TANAM

Untuk mendukung pertumbuhan tanaman, proses pengapuran dilakukan dengan pemberian jenis kapur pertanian yang mengandung unsur Calsium (Ca) dan Magnesium (Mg) yang bersifat menetralkan keasaman tanah dan menetralkan racun dari ion logam yang terdapat didalam tanah. Dengan kapur Karbonat/kapur dolomit. Penggunaan kapur per 1000 m2 pada pH tanah 4-5 diperlukan 150-200 kg dolomit , untuk antara pH 5-6 dibutuhkan 75-150 kg dolomit dan pH >6 dibutuhkan dolomit sebanyak 50 kg.

PEMUPUKAN MEDIA TANAM

Pemupukan memegang peranan penting dalam menunjang kesuburan tanah yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman kelak. Pada umumnya jenis pupuk yang dipakai adalah pupuk organik dan pupuk buatan. Pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang berasal dari hewan sapi/kerbau dan dipilih pupuk kandang yang sudah matang. Pupuk kandang berguna untuk membantu memulihkan kondisi tanah yang kurang subur, dengan dosis 2 kg/ bedengan. Caranya, ditaburkan disekeliling baris bedengan secara merata. Pupuk tersebut terdiri atas: (a) Pupuk Makro yang terdiri dari unsur Nitrogen, Phospor, Kalsium (dibuat dari pupuk ZA, TSP dan KCl); (b) Pupuk Mikro yang terdiri dari Kalsium (Ca) Magnesium (Mg) Mangaan (Mn), Besi (Fe), Belerang (S), Tembaga (Cu), Seng (Zn) Boron (Bo) dan Molibden (Mo). Pupuk tersebut, dijual dengan beberapa merek seperti Mikroflex, Microsil dll. Penggunaannya, dicampur 1 % obat anti hama penggerek batang.

LAIN-LAIN

Langkah berikutnya adalah tahap penghalusan dan perataan bongkahan tanah pada sisi bedengan pada tempat penanaman semangka dilakukan dengan cangkul. Di bagian tengah, sebagai landasan buah pada bedengan, diratakan dan di atas lapisan ini diberi jerami kering untuk perambatan semangka dan peletakan buah. Bedengan perlu disiangi, disiram dan dilapisi jerami kering setebal 2-3 cm dan plastik mulsa dengan lebar plastik 110-150 cm agar menghambat penguapan air dan tumbuh tanaman liar. Pemakaian plastik lebih menguntungkan karena lebih tahan lama, sampai 8-12 bulan pada areal terbuka (2 – 3 kali periode penanaman). Plastik sisa yang berwarna perak yang memantulkan sinar matahari dan secara tidak langsung membantu tanaman banyak mendapat sinar matahari untuk pertumbuhannya

0 komentar:

Posting Komentar